Mengenal Seputar Besi CNP Yang Banyak Digunakan Pada Rangka Atap

Anda tentu pernah mendengar tempat jual besi CNP, terutama di dunia konstruksi pembangunan. Namun, mungkin Anda masih cukup ragu dengan apa yang dimaksud besi CNP, ukuran-ukurannya yang ada, bahan baku, dan kelebihannya. Mari simak pembahasan di bawah ini untuk informasi lebih lengkapnya!

Pengertian Besi CNP Secara Singkat

Besi jenis CNP atau sering disebut juga sebagai Kanal C, Profil C, atau C-channel. Sesuai namanya, besi ini mempunyai bentuk seperti huruf C. Besi ini pun punya ukuran panjang.

Bahan Pembuatan Besi Kanal C

Karena fungsinya yang banyak ditemukan pada dunia konstruksi, apalagi di dalam menopang beban berat, pastinya besi ini tidak terbuat dari bahan atau material mudah rapuh. Bahan baku besi ini adalah besi plat.

Lalu, bagaimana besi plat diubah jadi besi Kanal C? Jawabannya sebab plat koil yang dipakai akan dibentuk memakai metode cutting atau bundling sehingga dapat membentuk huruf C dan jadilah besi jenis CNP atau Kanal C. 

Berbagai Ukuran Besi CNP

Besi jenis CNP mempunyai banyak ukuran tersebar di pasaran. Biasanya ukuran besi CNP dijual di pasaran adalah CNP 75, 100, 125, 150, dan 200. Sementara, untuk panjangnya adalah 6 meter. 

Kelebihan Besi CNP

Salah satu yang menjadi kelebihan besi jenis CNP adalah bersifat kokoh dan hadir dalam berbagai ukuran dan berat. Memang tak dapat dipungkiri, bahan dasar besi ini adalah baja, sehingga memiliki sifat dasar sudah kuat dan kokoh. 

Mempunyai bentuk penampang menyerupai huruf C yang presisi serta juga dalam proses pembuatan yang disesuaikan dimensi besi jenis CNP sesuai dengan kebutuhan. 

Pembuatan ukuran besi pun tak sembarangan karena bertujuan agar bahan tersebut mudah diaplikasikan atau dipasang di bagian konstruksi diinginkan. 

Selain itu, kelebihan lain dari besi jenis CNP adalah tahan terhadap korosi dan hewan rayap. Seperti yang diketahui jika korosi adalah musuh besar material besi. Namun, karena sifatnya yang seperti itu, besi jenis CNP jadi tak mudah rapuh. Ini dapat terjadi karena bahan yang dipakai di pembuat besi jenis ini teruji kualitasnya dan sangat kuat.

Kelebihan lainnya adalah lebih ekonomis serta tak perlu keluarkan banyak biaya untuk jangka waktu panjang. 

Kualitas material baja yang menjadi bahan dasar pembuatan besi CNP pun diproses dengan teknologi yang canggih. Lalu, sebelum jatuh ke tangan konsumen telah di-cek lebih dulu kualitasnya. Sehingga ketika nanti dipakai di sebuah konstruksi bangunan, struktur bangunan pun dijamin aman, kokoh, dan kuat. 

Bagaimana? Apakah Anda menjadi tertarik untuk membeli dan menggunakan besi CNP? Jika Anda masih ingin tanya-tanya lebih banyak tentang besi ini. Anda jangan ragu untuk menghubungi distributor besi untuk konsultasikan kebutuhan Anda.

Leave a Comment