Wajib Tahu, Inilah 4 Tanda Anda Harus Segera Periksa Gigi ke Dokter Gigi!

Dokter gigi Surabaya Barat, menjadi salah satu opsi paling tepat ketika seseorang sudah mengalami masalah keluhan pada gigi agar nantinya memperoleh penanganan yang tepat. Lantas apa saja tanda – tanda yang membuat seseorang perlu segera memeriksakan gigi ke dokter gigi, simak informasi selengkapnya di artikel berikut.

Tanda – tanda harus segera memeriksakan gigi ke dokter gigi

Pada dasarnya, memeriksakan gigi yang paling ideal dilakukan setiap 6 bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk mengetahui adanya masalah pada gigi dan mulut sedini mungkin, sehingga permasalahan bisa ditangani sesegera mungkin. Akan tetapi, sayangnya masih banyak orang yang menyepelekan pemeriksaan ke dokter gigi. 

Alhasil, kondisi inilah yang mengakibatkan permasalahan pada gigi semakin parah dan mengganggu aktivitas sehari – hari. Untuk Anda di rumah yang tidak ingin hal ini terjadi, maka kenali beberapa tanda berikut agar tahu kapan waktu yang tepat memeriksakan gigi ke dokter gigi. 

  1. Muncul rasa sakit

Salah satu tanda yang bisa Anda kenali mengenai kapan waktu yang tepat untuk memeriksakan gigi, yakni ketika sudah muncul rasa sakit. Baik itu rasa sakit yang muncul di gigi, rongga mulut, lidah, gusi ataupun di pipi. Ketika sudah muncul tanda seperti ini, maka sesegera mungkin Anda periksakan masalah gigi ke dokter gigi agar kerusakan tidak semakin parah. 

  1. Kondisi gusi gampang berdarah

Berikutnya, Anda juga bisa mengenali tanda – tanda lain kapan harus ke dokter gigi Surabaya Barat, yakni ketika munculnya darah pada saat menggosok gigi. Biasanya, kondisi ini merupakan salah satu tahap awal terjadinya masalah peradangan / iritasi yang ada pada bagian gusi atau dikenal dengan istilah gingivitis. Masalah ini biasanya disebabkan karena adanya penumpukan plak dan sisa – sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik. 

  1. Bau mulut 

Dalam istilah medis, bau mulut atau dikenal dengan istilah halitosis merupakan kondisi yang terjadi karena masalah kebersihan mulut yang tidak dijaga dengan baik dan benar. Sebab meskipun sudah menyikat gigi, terkadang bau mulut masih saja tetap ada. Yang mana, kondisi inilah yang kemudian menjadi tanda adanya infeksi yang disebabkan gigi berlubang. 

  1. Masalah gigi sensitif

Adapun tanda lain yang mengharuskan Anda perlu memeriksakan gigi ke dokter gigi, yakni ketika sudah timbul rasa nyeri / ngilu saat gigi mengonsumsi makanan yang terlalu dingin, panas ataupun asam. Gejala ini, biasanya terjadi karena permasalahan terkikisnya lapisan pelindung gigi / enamel, keretakan pada gigi, gigi yang patah ataupun berlubang. Dan yang sering kali terjadi, yakni karena permasalahan teknik menyikat gigi yang kurang tepat. 

Itulah tadi beberapa tanda permasalahan pada gigi yang perlu Anda perhatikan baik – baik. Jika Anda mengalami salah satu tanda permasalahan gigi di atas, maka bisa segera memeriksakan gigi ke dokter gigi Surabaya Barat agar memperoleh penanganan yang cepat dan tepat.

Leave a Comment