Jenis-Jenis Besi Hollow

Besi hollow adalah tambahan material yang sudah banyak digunakan untuk kebutuhan konstruksi. Tempat Jual Besi hollow mempunyai beberapa jenis besi hollow yang seringkali digunakan untuk membangun rumah atau bangunan. Berikut beberapa jenisnya.

Besi Hollow Gypsum

Besi hollow gypsum adalah material bangunan yang populer dan sering digunakan. Hal ini dikarenakan, besi ini mempunyai sifat yang ringan, sangat kokoh, tahan lama, serta lebih aman dari serangan rayap. Pada penggunaannya, besi hollow gypsum banyak digunakan untuk membuat rangka plafon gedung atau rumah.

Sementara, bahan dasar besi hollow gypsum, yaitu material besi yang lapisannya terdiri dari meni (pigmen zinc anti karat) dan stainless. Umumnya, lapisan cat besi hollow gypsum yang digunakan memiliki warna hijau atau merah. Variasi Ukuran besi hollow jenis ini juga beragam macam, dari 0,3 mm hingga 0,4 mm.

Besi Hollow Galvanize

Besi hollow satu ini dibuat dari plat baja galvanis yang memiliki sifat tahan korosi atau karat. Biasanya, besi ini terbuat dari material canai dingin dan canai panas, kemudian dilapisi oleh galvanize.

Pada lapisannya, terkandung bahan aluminium, zinc coating 97% dan zat lainnya sebanyak 3%. Sifatnya yang tahan karat, membuat besi hollow galvanis lebih banyak disukai oleh pemilik rumah atau kontraktor bangunan untuk pembuatan interior atau eksterior bangunan. Sehingga banyak juga yang jual besi hollow.

Supaya dapat tahan lama, maka sebaiknya besi hollow galvanis ini masih perlu untuk ditambahkan lapisan cat anti karat.

Besi Hollow Galvalume

Besi hollow galvalume ini memiliki lapisan luar, sama halnya dengan besi hollow galvanize. Namun, mempunyai kandungan yang berbeda. Besi hollow ini memiliki kandungan zinc 43,4%, aluminium 55%,  dan silikon 1,6%. 

lapisan besi hollow galvalum dan dengan besi hollow galvanize, jika dilihat sekilas mempunyai tampilan yang mirip. Namun, galvalum memiliki motif kristal yang terlihat lebih kecil dan lebih tertutup.

Besi hollow galvalum mempunyai ketahanan terhadap karat yang lebih baik, tetapi lebih sensitif terhadap goresan. Besi hollow jenis ini juga tidak tahan semen, dengan begitu dapat mengalami pelapukan. 

Besi Hollow Hitam

Besi ini disebut sebagai besi hollow hitam karena mempunyai permukaan dengan warna hitam yang cenderung keabu-abuan. Besi ini terbuat dari plat yang berwarna hitam dan dengan bahan dasar hot rolled steel atau baja canai panas.

Jenis besi hollow ini menjadi salah satu produk yang cukup banyak digunakan dan mudah untuk ditemui di pasaran karena banyak yang jual besi hollow. Variasi ukuran dari besi hollow hitam juga paling lengkap dibandingkan jenis besi hollow lainnya.

Biasanya, besi ini seringkali digunakan untuk pembuatan pengaman rumah bertingkat, pagar rumah, dan kanopi. Pada industri karoseri, banyak yang menggunakannya untuk pembuatan ban truk. Namun, besi hollow hitam mudah berkarat. Supaya awet penggunaannya, harus dilapisi menggunakan cat.

Leave a Comment