3 Kelebihan Rutin Pemeriksaan ke Dokter Spesialis Gigi Anak Bogor

Kesadaran memeriksakan gigi anak sejak dini secara tak langsung memberikan dampak positif jangka panjang. Namun, belum semua orangtua mengetahui kelebihan-kelebihan dokter gigi spesialis anak Bogor maupun persiapan yang perlu dilakukan. Artikel ini lantas hadir untuk membantu Anda memahami kelebihan pemeriksaan rutin anak bersama dokter.

Kelebihan dokter spesialis gigi anak

Mempercayakan dokter spesialis gigi anak akan memperkenalkan Anda dan sang buah hati dengan berbagai kelebihan seperti:

  1. Pendekatan psikologis yang tepat

Berbeda dari dokter gigi umum, dokter spesialis gigi anak Bogor memakai pendekatan psikologis saat pemeriksaan berlangsung. Mereka akan berkomunikasi dengan tata bahasa yang dipahami anak, lalu menjelaskan pengobatan yang diperlukan pada orangtua. Alhasil baik Anda maupun anak sama-sama mengerti tentang masalah, diagnosis, hingga solusi yang perlu diambil.

  1. Nyaman sekaligus menyenangkan

Bukan hanya dibekali kemampuan komunikasi yang baik, dokter spesialis gigi juga tahu cara untuk menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan. Mereka akan melengkapi fasilitas menggunakan pernak-pernik dan dekorasi yang disukai anak. Klinik yang dijadikan tempat praktik juga cenderung hangat untuk menekan ketakutan para pasiennya.

  1. Tahu faktor tumbuh kembang gigi anak

Satu lagi kelebihan yang ditawarkan dokter gigi spesialis anak Bogor adalah menguasai berbagai faktor yang mempengaruhi pertumbuhan gigi. Pasalnya, dokter spesialis gigi menjalani residensi yang lebih lama dibandingkan dokter umum. Dengan begitu, hasil diagnosis dan pengobatan yang diberikan sesuai kebutuhan si Kecil.

Persiapan sebelum berkunjung ke klinik dokter

Setelah memahami kelebihan-kelebihan dokter spesialis gigi, mari kita perhatikan persiapan yang sebaiknya dilakukan orangtua sebelum berkunjung, antara lain:

  • Memilih dokter yang tepat. Luangkan waktu untuk meriset serta memeriksa profil dokter spesialis gigi yang akan dikunjungi. Hal ini mencakup lokasi praktik, reputasi, tarif jasa, serta fasilitas tambahan seperti area bermain yang disediakan di klinik;
  • Susun riwayat kesehatan anak. dokter gigi spesialis anak Bogor biasanya memerlukan informasi berupa riwayat kesehatan sebelum melakukan pemeriksaan. Jadi hasil diagnosis yang dikeluarkan akan lebih akurat;
  • Sampaikan kebiasaan anak. Kebiasaan-kebiasaan anak seperti mengisap jempol dan ngempeng berpengaruh pada kondisi kesehatan gigi. Maka dari itu, sampaikan kebiasaan yang menurut Anda memberikan dampak buruk saat bertemu dokter gigi;
  • Beritahu anak alasan mampir ke dokter. Tujuannya adalah menghindari kebingungan sekaligus menghapus ketakutan yang umum dialami anak. Jelaskan secara umum tanpa perlu memberikan ancaman atau hal lain yang membuatnya semakin enggan ke dokter.

Dari penjelasan di atas, Anda dapat menilai pentingnya pemeriksaan rutin ke dokter gigi spesialis anak Bogor. Alhasil, si Kecil mendapatkan kesadaran untuk menjaga kebersihan maupun kondisi gigi supaya mereka tak mudah terserang penyakit serta memiliki kualitas hidup lebih baik.

Leave a Comment