Kelebihan dan Kekurangan Cetak Amplop Custom

Ada banyak kelebihan yang dapat Anda rasakan dengan memutuskan untuk cetak amplop custom. Terlebih bagi Anda yang memiliki bisnis.

Sebagai contoh, tahukah Anda bahwa kecenderungan orang-orang untuk membuka amplop lebih tinggi ketika ada logo berwarna yang tercantum pada amplop tersebut? Maka dari itu, tak heran jika para pakar marketing menyarankan bisnis untuk membuat amplop custom yang dapat memperkuat brand image dan meningkatkan efektivitas strategi marketing.

Kelebihan Cetak Amplop Custom

Amplop custom dapat membuat bisnis Anda lebih menonjol dibandingkan kompetitor di mata pelanggan. Maka dari itu, hanya menggunakan amplop putih justru akan membuat amplop yang Anda kirim bagi klien atau pelanggan cenderung tidak menarik perhatian mereka untuk membukanya.

Apabila dirangkum, berikut ada kelebihan cetak amplop custom bagi bisnis Anda.

  1. Jadi alat marketing yang efektif.

Amplop custom lebih dari sekadar “penampung” pesan penawaran bagi pelanggan, tapi juga merupakan alat marketing itu sendiri. Dengan menggunakan desain yang menarik dan memperhatikan aspek marketing, amplop custom bisa membuat brand Anda makin menonjol.

Dengan mempertimbangkan alasan ini, hindari menggunakan amplop standar berwarna putih yang dijual di pasaran untuk tujuan marketing bisnis Anda. Lewat desain custom, Anda juga bisa mendekati pelanggan lewat asosiasi warna dan grafis tertentu pada amplop, yang kemudian akan membuat pelanggan mengasosiasikan desain tersebut dengan brand Anda.

  1. Pemasaran yang lebih personal.

Kelebihan lain dari amplop custom adalah fleksibilitas untuk menggunakan desain amplop yang berbeda saat Anda akan mengirimkan pesan promosi atau pemasaran pada kategori atau kelompok pelanggan yang berbeda. Misalnya, Anda bisa bedakan desain amplop bagi pelanggan potensial, pelanggan setia, dan klien bisnis.

Orang-orang cenderung akan membuka amplop jika mereka tertarik dan menemukan sesuatu yang unik pada desain amplop tersebut. Hanya saja, Anda bukanlah satu-satunya bisnis yang menerapkan cara ini. Maka Anda perlu buat amplop semenarik mungkin agar bisa menarik perhatian pelanggan.

  1. Relevan bagi target pelanggan offline.

Seiring dengan pergeseran strategi marketing yang sekarang sudah diterapkan secara online, artinya ada lebih banyak ruang bagi Anda untuk memanfaatkan channel offline. Dengan begitu, sebenarnya tingkat persaingan dalam pemasaran offline saat ini lebih rendah dibandingkan sebelumnya.

Dan dengan desain amplop custom, Anda bisa maksimalkan tingkat kompetisi yang lebih rendah agar hasilnya semakin optimal bagi bisnis Anda. Dengan begitu, pesan yang ingin Anda kirimkan kepada pelanggan pun dapat diterima dan disampaikan dengan lebih efektif.

Kekurangan Cetak Amplop Custom

Lantas, apakah ada kekurangan amplop custom bagi bisnis? Secara garis besar, alat marketing yang satu ini justru menawarkan manfaat yang jauh lebih banyak dan signifikan dibandingkan kekurangannya. Dengan begitu, cetak amplop custom justru akan sangat bermanfaat bagi bisnis Anda.

Leave a Comment