Simak! 3 Ciri Fisik dan Kegunaan Kanal U Baja Ringan

Kanal u baja ringan merupakan salah satu material penting dalam proses pembuatan struktur bangunan. Kanal U atau dikenal juga dengan nama besi baja UNP adalah sebuah produk pabrikasi yang bahan utamanya dari pelat coil (lembaran baja atau galvalum yang dilapisi chrome).

Apa Itu Kanal U?

Tahukah anda apa itu kanal U? adalah jenis besi sambungan (terusan) yang berbentuk U. Dimana, jenis besi baja ini kerap digunakan pada proses pembuatan struktur bangunan dan aplikasi industri. 

Pada dasarnya, fungsi utama kanal U adalah sebagai sambungan atau dudukan saat membangun atap. Meski tidak jarang juga kanal U berfungsi sebagai penyangga utama dan bracing atau penguat pada jembatan baja atau konstruksi baja. 

Sebagai catatan, pemilihan ukuran kanal U ini akan mempengaruhi hasil akhir bangunan, dan untuk harga kanal u baja ringan sendiri berbeda-beda tergantung dari jenis dan ukurannya.

Ciri-ciri Fisik Kanal U

Perlu anda ketahui bahwa jenis besi baja ini memiliki karakteristik yang keras dan kokoh dengan ciri-ciri fisik sebagai berikut:

  1. Memiliki panjang rata-rata 6 m.
  2. Dengan ketebalan material lebih dari 5 mm.
  3. Permukaannya agak kasar di bagian dalam maupun luar.

Kegunaan Besi Baja U

Secara garis besar fungsi kanal u baja ringan terbagi menjadi dua, yaitu:

  1. Pekerjaan arsitektur

Terlepas dari karakteristik profil baja atau kanal U yang kurang tepat, material ini tetap dapat anda aplikasikan pada pekerjaan arsitektur. Adapun pekerjaan yang dimaksud adalah untuk pekerjaan yang berkaitan dengan estetika, yang mana kanal U ini bisa diterapkan untuk membuat rangka pintu besi, rak barang, grill saluran, rangka kanopi, pagar dan masih banyak lagi. 

  1. Pekerjaan struktur

Berbicara tentang pekerjaan struktur, kanal U dapat diaplikasikan untuk konstruksi dak, kantilever bangunan dan bracing kolom. Ketika kanal U dikombinasikan dengan bahan lain, anda juga bisa menggunakannya sebagai penutup atap atau purlin dan juga struktur anak tangga. Bahkan, pada beberapa bangunan, kanal u baja ringan digunakan sebagai struktur anti gempa. 

Leave a Comment