5 Cara Menekan Harga Kalender Cetak Tanpa Mengurangi Kualitas

Harga cetak kalender sering kali menjadi faktor yang membuat individu maupun organisasi ragu meneruskan prosesnya. Setiap vendor umumnya memiliki standar untuk menentukan harga yang dipasang. Meski begitu, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menekan pengeluaran berlebih tanpa harus membeli kalender dengan kualitas rendahan.

Tips hemat cetak kalender

Adapun hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran cetak kalender mencakup:

  1. Cetak dalam jumlah banyak

Seperti produk-produk lain, harga cetak kalender yang dikenakan akan lebih murah saat Anda memesannya dalam kuantitas besar. Pihak vendor kadang menawarkannya sejak awal agar calon konsumen mengambil paket tersebut karena harganya murah dibandingkan beli secara satuan.

Namun, Anda perlu menghitung juga jumlah kalender yang diperlukan. Jangan sampai mengambil paket grosiran karena iming-iming harga, tetapi ujung-ujungnya banyak yang tak terpakai.

  1. Kurangi jumlah halaman

Bagaimana kalau kebutuhan cetak kalendernya tetap di bawah kuantitas grosir? Kurangi jumlah halaman kalender untuk menghemat penggunaan kertas. Apalagi kalau Anda berencana memakai jenis kertas yang mahal dan tebal seperti ivory dan matte paper.

Pastikan bagian-bagian penting seperti nama bulan dan hari, tahun, serta tanggal tetap tercetak jelas walaupun ukurannya diperkecil sesuai harga kalender cetak.

  1. Cari vendor percetakan terdekat

Trik selanjutnya yang bisa membantu menekan biaya pengeluaran adalah mencari vendor dekat rumah atau kantor. Langkah ini bertujuan untuk memangkas atau bahkan menghapus ongkos kirim. Pasalnya, Anda bisa langsung mengambil kalender yang selesai dicetak.

Bagi yang ingin memakai promo free ongkir, pelajari dulu syarat dan ketentuannya. Anda  bisa rugi kalau ternyata pemesanan paket yang dilakukan tak memenuhi aturan yang berlaku.

  1. Pilih kertas sesuai bujet

Jenis kertas, seperti yang diketahui, mempengaruhi harga yang dikenakan vendor kepada calon konsumen. Untuk itu jangan paksa diri Anda untuk menggunakan kertas mahal kalau bujetnya tak cukup. Pilihlah harga kalender cetak sesuai kebutuhan yang ingin dipenuhi.

Art carton adalah jenis kertas yang paling umum dipakai dengan ketebalan yang cocok untuk kalender. Tanyakan juga kelebihan serta kekurangan kepada vendor untuk antisipasi pemakaian.

  1. Gunakan template desain vendor

Langkah terakhir yang dapat Anda aplikasikan adalah memanfaatkan template desain yang telah disediakan vendor. Biasanya mereka tak akan mengenakan biaya tambahan, sebab desain sudah termasuk ke dalam harga paket yang ditawarkan.

Jika membutuhkan perubahan, pastikan dulu apa Anda akan diminta biaya lagi atau tidak. Opsi lainnya yang dapat dilakukan adalah memberikan desain buatan sendiri kepada vendor.

Dengan memilih cara yang tepat, Anda bisa mendapatkan harga cetak kalender sesuai bujet. Jadi, Anda tetap mendapatkan produk sesuai standar untuk penggunaan jangka panjang.

Leave a Comment