Ketahui Tips Perawatan Selama Pasang Gigi Palsu

Kebanyakan orang yang mengalami permasalahan di giginya, seperti ompong dan keropos mengatasinya dengan harga pasang gigi palsu Bandung. Apalagi, gigi palsu bisa disamakan bentuknya dengan gigi asli Anda. Tentunya membuat mulut tetap dapat menjalankan fungsinya dengan normal. Namun, agar kualitasnya tetap terjaga dan kesehatan mulut tetap terlindungi, Anda perlu mengetahui tips perawatannya. Bagaimana tipsnya? Berikut ulasannya:

  1. Rajin Menyikat Gigi Palsu

Gigi palsu cenderung digunakan seharian di mulut yang membuatnya rentan tertimbun kotoran, sisa makanan, dan bakteri. Untuk mencegah kondisi tersebut, Anda perlu menyikat gigi palsu setiap hari. Namun, berbeda dengan gigi asli, Anda harus melepas gigi palsu agar bisa menyikatnya dengan bersih.

Pilihlah sikat gigi yang berbahan lembut dan non-abrasif atau tidak mengikis untuk menjaga tekstur gigi tetap bagus. Biasanya, dokter gigi akan memberikan rekomendasi pembersih khusus gigi palsu tersebut. 

  1. Bersihkan Gigi Palsu Sehabis Makan

Untuk memastikan pasang gigi palsu tetap terawat Anda harus selalu membersihkan gigi palsu setelah makan. Apalagi, kotoran dan sisa makanan lebih mudah menempel pada permukaan gigi palsu. Karenanya, pastikan untuk selalu membersihkan gigi palsu.

Selain itu, Anda bisa membersihkannya dengan membilas menggunakan air untuk menghilangkan makanan yang menempel, kemudian keringkan dengan handuk atau tisu untuk bisa digunakan kembali.

  1. Rendam Gigi Palsu 

Jika Anda sedang senggang seperti akan istirahat tidur, pastikan melepaskan gigi palsu. Kemudian rendam dalam segelas air atau cairan khusus untuk menjaga bentuknya agar tidak berubah.

Hal ini lantaran harga pasang gigi palsu Bandung didesain agar bertahan di kondisi basah dan lembap, seperti mulut. Ketika gigi palsu diletakkan di tempat kering justru berisiko memengaruhi bentuk aslinya.

Selain itu, menggunakan gigi palsu terlalu lama, bahkan dibawa tidur, bisa membahayakan kesehatan mulut Anda. 

  1. jaga Kebersihan Mulut 

Bukan hanya kebersihan gigi palsu, kondisi mulut juga harus diperhatikan. Gigi dan mulut yang kotor malah menjadi tempat yang bagus untuk bakteri tumbuh dan berkembang. Tentunya, membuat kualitas gigi palsu Anda berkurang. 

Karenanya, saat Anda tidak ingin menggunakan gigi palsu, segera bersihkan ,rongga mulut dengan berkumur dan menyikat gigi asli.

  1. Rajin Periksa ke Dokter Gigi

Selain memastikan gigi palsu tetap terawat selama digunakan sehari-hari, Anda tidak boleh melewatkan periksa ke dokter gigi secara rutin. Setidaknya memeriksakan setiap enam bulan sekali. Hal ini penting agar Anda dapat mengetahui kondisi gigi palsu dan rongga mulut Anda tetap terjaga.

Namun, jika Anda merasa gigi palsu yang digunakan terasa tidak nyaman atau sakit, Anda tidak perlu menunggu waktu enam bulan untuk memeriksakan. Segera kunjungilah dokter gigi.

Demikian tips perawatan selama harga pasang gigi palsu Bandung yang perlu Anda perhatikan. Semoga membantu.

Leave a Comment