Mau Pasang Behel Dokter Gigi? Yuk Simak Dulu Faktanya Berikut Ini!

Memasang behel atau kawat gigi memang membantu menjaga dan merapikan susunan gigi menjadi lebih rapi. Namun, ada manfaat lain dari memasang behel untuk gigi selain untuk memperbaiki posisi gigi, memasang behel juga membantu anda yang memiliki masalah ketika mengunyah. Pasang behel dokter gigi juga ada baiknya dilakukan untuk hal ini.

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa fakta seputar memasang kawat gigi ini loh. Memang manfaatnya luar biasa banyak. Bagi kamu yang memiliki gigi tidak rapi dan memilih pasang behel dokter gigi, bentuk rahang muka kamu juga akan berubah loh!. Nah, fakta yang lain apa saja sih? Yuk simak ulasannya berikut.

Pasang Behel Sebaiknya Setelah Gigi Permanen Tumbuh

Tentu kita semua tahu bahwa masa kanak – kanak adalah masa dimana pertumbuhan gigi sedang berlangsung. Nah, walaupun pemasangan behel ini tidak pandang usia, namun akan lebih baik jika memasang behel setelah gigi permanen itu tumbuh.

Kapan tepatnya? Yaitu sekitar usia 12 tahun ke atas. Mengapa demikian? Karena nantinya kita bisa tahu jika susunan gigi kita memiliki masalah atau tidaknya jika gigi permanen sudah mulai tumbuh. Namun jika usianya dibawah 12 tahun umumnya akan diberikan behel yang bisa dilepas pasang.

Pemakaian Rata – Rata Selama 2 Tahun

Memasang kawat gigi ini tentu saja tidak selamanya akan menempel di gigi kamu. Rata – rata untuk pemakaian behel dengan kasus gigi yang normal seperti tidak rapi saja ini berkisar 2 tahun. Namun, tidak mutlak yah karena jika gigi kamu mengalami masalah lain, tentu akan menjalani prosedur bedah.

Nyeri Setelah Pasang Behel? Wajar !

Banyak sekali dari kita yang mengalami nyeri sesaat setelah memasang behel. Bahkan, membuat kita sulit untuk memakan dan menelan makanan kita. Tentu saja nyeri ini karena tekanan dari kawat yang terpasang untuk merapikan gigi.

Tenang saja, hal itu sangatlah wajar. Dokter pati akan memberikan obat untuk pereda rasa nyeri. Hanya dalam beberapa minggu atau bahkan hitungan hari saja kamu akan terbiasa dan akan nyaman menggunakan behel. Tentu saja rasa nyerinya juga akan hilang.

Usahakan Jangan Ganti Dokter

Bagi kamu yang ingin memasang behel, usahakan untuk tidak berganti ke dokter lain. Mengapa? Karena prosedur pertama kali saat ingin memasang behel adalah berkonsultasi dengan dokter. Tentu saja ini akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Terlebih lagi, jika anda ganti dokter mungkin menyarankan untuk perawatan yang lain, wah justru kamu akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu ingin pasang behel dokter gigi, pertimbangkan dulu mana dokter yang ingin kamu kunjungi ya.

Leave a Comment