Seperti Apa Cara Kerja Ice Flake Machine? Simak Penjelasannya Di Sini!

Penasaran ingin tahu bagaimana cara kerja ice flake machine untuk memproduksi ice flake yang ukurannya konsisten? Untuk menjawab rasa ingin tahu Anda, yuk simak dulu penjelasannya di bawah ini. Selamat membaca!

Apa Itu Ice Flake?

Sebelumnya, yuk pahami terlebih dahulu apa yang sebenarnya dimaksud dengan ice flake atau flake ice. Nah, ice flake sendiri merupakan jenis es yang sangat unik dengan bentuk dan tekstur yang menyerupai salju. 

Ice flake memiliki berbagai contoh penggunaan, dan paling sering ditemukan di industri makanan. Penggunaannya pun bervariasi, mulai dari sebagai bahan untuk membuat es krim salju hingga untuk menjaga potongan daging maupun ikan agar senantiasa segar ketika dipajang di meja counter.

Karakteristik unggulan yang dimiliki ice flake adalah kemampuannya yang efisien dalam menurunkan suhu produk. Tak hanya itu saja, ice flake juga dapat menjaga suhu produk agar tetap dingin dalam durasi yang lebih panjang, terutama jika dibandingkan dengan jenis es lainnya.

Cara Kerja Ice Flake Machine

Lantas, seperti apa ya cara kerja ice flake machine? Secara garis besar, flake ice machine berfungsi sebagaimana halnya mesin es lainnya. Hanya saja ada beberapa perbedaan yang perlu Anda perhatikan.

Pada flake ice machine, terdapat sinyal yang dijadikan acuan oleh mesin terkait dengan kapan air bisa dimasukkan melalui katup tersebut. Jadi, flake ice machine tidak serta merta mengalirkan air untuk diproses jadi ice flake begitu saja.

Kalau mesin es lainnya yang memproduksi es batu sebatas menuangkan air ke dalam cetakan, lain halnya dengan flake ice machine. Karena dalam flake ice machine, air tidak dituang ke dalam cetakan namun disemprot ke permukaan pembuat es untuk menghasilkan lembaran es yang lembut.

Setelah itu, udara panas akan disemprotkan melalui katup air akan yang sama. Hanya saja, suhu udara tersebut diatur pada suhu yang cukup untuk menghancurkan es dari lembaran tersebut — singkatnya, es “dipanen” dulu.

Begitu lembaran es hancur dan lepas dari permukaan pembuat es, es tersebut akan dihancurkan menggunakan komponen ice crusher atau penghancur es. Pada tahap ini, lembaran es tersebut akan dihancurkan dan dihaluskan sampai wujudnya berubah jadi seperti bubuk.

Setelah es berubah wujud jadi bubuk alias ice flake seperti yang Anda kenal, es pun akan berjatuhan ke dalam wadah penampung yang telah disediakan. Kemudian ice flake tersebut bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Agar dapat terus berfungsi dengan normal, tentu saja flake ice machine juga membutuhkan maintenance yang rutin. Oleh karena itu, Anda perlu menjadwalkan maintenance rutin dan berkala, lalu ikuti jadwal tersebut secara disiplin. Dengan begitu, kualitas dan performa ice flake machine Anda pun bisa selalu terjaga.

Leave a Comment